Bunga Anggrek Tumbuh Dengan Banyak Manfaat Serta Jenisnya

Bunga Anggrek Tumbuh Dengan Banyak Manfaat Serta Jenisnya – Bagi pecinta tanaman hias, Bunga Anggrek sudah hampir bisa dipastikan akan masuk sebagai salah satu tanaman koleksinya. Bunga yang mempunyai nama latin Orchidaceae ini menjadi simbol keanggunan dan kemewahan. Pesona yang istimewa, juga mengilhami para pencipta lagu yang sering mengagungkan keindahan Anggrek dalam karyanya.

BUNGA ANGGREK MEMILIKI 26.000 JENIS

Bunga ini juga memiliki jenis yang sangat banyak. Di seluruh dunia, diperkirakan ada 26.000 jenis Anggrek, 5000 jenis diantaranya tersebar di seluruh pelosok nusantara kita. Berdasarkan pertumbuhannya, Bunga Anggrek terbagi dalam kelompok Monopodial yaitu yang memiliki satu batang dan satu tumbuh saja, dan kelompok Simpodial yang memiliki titik tumbuh lebih dari satu.Bunga Anggrek Cantik

BUNGA ANGGREK BULAN DI SEBUT SEBAGAI BUNGA PUSPA PESONA

Di Indonesia, Anggrek Bulan menjadi primadona dari semua Bunga Anggrek yang ada. Dengan kelopaknya yang lebar dan cantik, Anggrek Bulan bahkan ditetapkan sebagai Puspa Pesona atau bunga nasional Indonesia. Selain Anggrek Bulan, tercatat beberapa jenis lain yang banyak digemari pecintaAnggrek di Indonesia, seperti Anggrek Cattleya, Anggrek Dendrobium, Anggrek Vanda, Anggrek Tebu, Anggrek Tanah dan masih banyak lagi.

BUNGA ANGGREK SEBAGAI BAHAN MAKANAN RINGAN

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Bunga Anggrek yang tumbuh di kawasan tropis ini, ternyata juga punya beberapa manfaat lain untuk kehidupan manusia. Negara China, telah membudidayakan Anggrek sebagai tanaman obat sejak dulu kala. Sementara Thailand menjadikan Bunga ini sebagai bahan makanan ringan. Lain lagi di Nepal yang penduduknya mengolah Anggrek sebagai acar.Keindahan Bunga Anggrek

KHASIAT BUNGA ANGGREK

Bunga Anggrek memang istimewa. Hampir setiap jenisnya memiliki khasiat masing masing untuk pengobatan.

Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Bunga Anggrek jenis Cypripedium yang akarnya mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit syaraf, kejang dan gangguan fungsi otak.
  • Anggrek jenis Aplestrum Hyemale, bisa digunakan untuk mengobati bisul.

Bacalah :

Bunga Matahari

Bunga Sakura

Bunga Edelweiss

  • Daun Hootieriana dari Anggrek jenis Vanda biasa diolah menjadi salep untuk meredakan nyeri pada sendi.
  • Sementara, dalam masyarakat Cina, Bunga Anggrek jenis Dendrobium biasa diolah sebagai ramuan tonik atau teh herbal. Ramuan ini memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti infeksi pada mata, nyeri otot, sakit perut bahkan impotensi.

Ramuan ini juga bisa diminum sebagai suplemen yang dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dan paru paru dan juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Begitu besar dan banyaknya khasiat ramuan ini, sampai tonik dari Bunga Anggrek ini sering disebut sebagai tonik panjang umur.

Bunga Anggrek Tumbuh Dengan Banyak Manfaat Serta Jenisnya | Mas Malindo | 4.5