Apa Itu Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) ? Berikut Ulasannya

Apa Itu Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) ? Berikut Ulasannya – Pusat Data Bisnis Indonesia adalah sebuah  lembaga riset yang didirikan pada tahun 1980 oleh Christianto Wibisono. Pria kelahiran Semarang dengan usia sekitar 70 tahun lalu ini, juga menyebut lembaga risetnya sebagai perusahan konsultan bisnis dan lembaga pengawas yang menyediakan laporan intelijen yang berkaitan dengan bisnis di Indonesia dan juga melakukan pengamatan kebijakan dan analisa yang berpengaruh pada ekonomi dan iklim usaha di Indonesia.

Pusat Data Bisnis Indonesia didirikan Christianto dengan dukungan Wakil Presiden-waktu itu- Adam Malik. Di awal berdirinya, Chris menginginkan lembaganya bisa menjadi penyedia data yang akurat bagi kalangan swasta dan pemerintah sebagai salah satu sarana mendasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Ia mengawali kiprah lembaganya dengan menerbitkan data tentang bank bank di Indonesia. Ia juga mengirimkan angket kepada perusahaan perusahaan di Indonesia, sebagai langkah awal mengumpulkan data. Penjelasan Tentang Pusat Data Bisnis Indonesia Selengkapnya

Lembaga ini juga punya program utama yaitu melakukan penelitian dan pengkajian semua sektor bisnis. Pusat Data Bisnis Indonesia / PDBI juga meluncurkan laporan yang diberi nama Seri Profil Industri Indonesia. Laporan ini dibuat dengan bentuk newsletter dan diedarkan di kalangan terbatas, seperti para pelaku bisnis Indonesia dan AS, eksekutif dan para cendekiawan.

Ketika terjadi kerusuhan Mei 1998, Pusat Data Bisnis Indonesia ikut mengalami guncangan hebat karena mengalami penyerangan oleh orang orang yang tak dikenal. Christianto dan keluarga, kemudian memutuskan hengkang dari Indonesia dan tinggal di Washington DC , Amerika Serikat. Delapan tahun, mantan wartawan Tempo ini menetap di sana, sebelum akhirnya kembali ke Indonesia. Padahal, pada waktu ia tinggalkan, Pusat Data Bisnis Indonesia  sudah memiliki 3000 perusahaan yang menjadi kliennya.

Setelah belasan tahun vakum, Pusat Data Bisnis Indonesia kembali diaktifkan pada bulan Maret tahun lalu. Peresmian dibukanya kembali Pusat Data Bisnis Indonesia dilakukan di Hotel Borobudur, Jakarta, dan dihadiri banyak tokoh nasional serta pengusaha ternama. Banyak yang berharap, Pusat Data Bisnis Indonesia  bisa kembali berkiprah dengan melakukanlebih banyak riset yang lebih transparan untuk dunia usaha. Pada waktu itu, Christianto berjanji bahwa lembaganya akan memberikan kajian yang obyektif pada siapapun yang nantinya akan menjadi presiden ke 7 Indonesia.

Artikel Selanjutnya :

Bunga Mawar

Database Management System Adalah

Novel Cinta

Namun, ada yang beranggapan lembaga ini ternyata tidak cukup berimbang dalam memberi kajian kepada dua calon presiden kita waktu itu, dan ada yang menduga, bahwa PDBI telah bermain mata dengan salah satu calon. Meskipun begitu, Pusat Data Bisnis Indonesia tetap menjadi acuan kalangan pelaku bisnis dan dipuji seorang pengamat Internasional sebagai lembaga yang hasil studinya memiliki bobot intelektual sekaligus politik.

Apa Itu Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) ? Berikut Ulasannya | Mas Malindo | 4.5