Jenis Henna Tangan Dan Efek Pada Kulit Agar Aman

Henna Tangan – Malam midodareni atau malam sebelum pernikahan, adalah saat istimewa bagi calon pengantin terutama pengantin wanita. Pada malam itu, konon kecantikan pengantin wanita akan memancar sempurna seperti bidadari. Itulah makanya malam itu disebut sebagai malam midodareni (bak bidadari).

Pada malam midodareni, sang calon pengantin pasti juga ingin tampil lain dari biasanya. Salah satunya, memakai Henna Tangan atau ramuan daun pacar untuk hiasan yang dilukis di lengan, tangan dan kaki sang calon pengantin. Bukan sekedar memperindah lengan, tangan dan kaki, Henna juga dipercaya bisa sebagai penangkal roh jahat yang ingin mengganggu sang calon pengantin, karena daun pacar juga dipercaya mengandung kekuatan magis.Henna Tangan Pada Jari

HENNA TANGAN DARI INDIA

Tradisi melukis bagian tubuh dengan Henna ini, baru menjadi tradisi bagi calon pengantin di pulau Jawa sejak beberapa tahun lalu. Kebiasaan memakai Henna Tangan berawal dari India, Mesir dan Afrika. Di India, lukisan tubuh yang indah ini disebut sebagai Mahendi. Henna juga dihalalkan dalam agama Islam, karena meresap ke dalam kulit dan tidak batal ketika berwudhu.

Henna Tangan Sederhana

TRADISI LAMA

Kalau di pulau Jawa, tradisi memakai Henna Pada Tangan merupakan hal yang relatif baru, ternyata tidak demikian halnya dengan beberapa daerah lain di nusantara. Di Bima, NTT, pemakaian Henna pada calon pengantin disebut sebagai Peta Kapanca. Sementara di pulau Sumatera, tradisi ini disebut malam Bainai, dan masyarakat Bugis di Makassar menyebutnya sebagai Mapacci.

MEMBUAT TANGAN MELEPUH

Namun, ada peringatan untuk berhati hati memakai Henna Tangan, setelah ada gambar yang beredar di dunia maya, yang memperlihatkan pemakai Henna dengan tangan melepuh seperti bekas terbakar. Henna dibuat dari ramuan herbal yang ditambah bahan lain seperti kulit pohon, biji bijian dan cairan jeruk.

Hanya, ada beberapa penjual jasa pemakaian Henna yang diam-diam memakai cairan berbahaya yang biasa dipakai untuk tatto, yang ditambahkan pada ramuan Henna yang berbentuk pasta itu, untuk memperkuat warna.

Artikel berikutnya yang tak kalah menarik :

Kebaya Pengantin Muslim

Dress Batik

Kebaya Anne Avantie

CARA MEMAKAI HENNA TANGAN DENGAN AMAN

Memang agak sulit untuk mengetahui apakah pasta Henna yang digunakan aman atau tidak, tapi ada beberapa cara mudah untuk mengetahui bahwa pasta Henna yang digunakan tidak aman, yaitu, warna Henna yang terlalu tajam dan Henna Tangan yang pudar dalam jangka waktu agak lama.

Jenis Henna Tangan Dan Efek Pada Kulit Agar Aman | Mas Malindo | 4.5