Sejarah Dan Makna Penting Hari Pendidikan Nasional Indonesia

Hari Pendidikan NasionalSejarah Dan Makna Penting Hari Pendidikan Nasional Indonesia – Siapa yang tak kenal dengan Ki Hadjar Dewantara, salah satu Pahlawan Nasional yang sangat dihormati serta sebagai Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia. Ia lahir pada 2 Mei 1889, bertepatan dengan peringatan HARDIKNAS (Hari Pendidikan Nasional), Ki Hajar Dewantara lah pelopor nya sejak Zaman Penjajahan Belanda.

Ki Hadjar Dewantara memiliki nama asli R.M Suwardi Suryaningrat yang memang lahir dari keluarga Ningrat di Yogyakarta. Beliau sempat melanjutkan pendidikan di STOVIA namun belum selesai karena sakit, dan pada akhirnya beliau bekerja menjadi Wartawan surat kabar seperti Kaum Muda, Utusan Hindia, serta De Express .

Pada saat masa Kolonialisme Belanda, di Indonesia yang dapat mengikuti Pendidikan hanyalah kaum priyayi serta anak-anak kelahiran Belanda. Namun Ki Hadjar Dewantara berani menentang kebijakan tersebut, akibat kritikannya tersebut beliau diasingkan ke Belanda bersama rekannya yang bernama Tjipto Mangoenkoesoemo serta Ernest Douwes Dekker yang selanjutnya mereka disebut dengan “Tiga Serangkai”.Hari Pendidikan Nasional

Setelah berhasil kembali ke Indonesia, akhirnya Tokoh Tiga Serangkai tersebut mendirikan Lembaga Pendidikan yang diberi nama Perguruan Nasional Tamansiswa atau Nationaal Onderwijs Instituut. Pada saat yang bersamaan, Ki Hadjar Dewantara memegang teguh Semboyan dalam sistem pendidikannya yang diutarakan dalam bahasa jawa, berikut beserta artinya :

  1. Ing Ngarsa Sung Tulada : Didepan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik.
  2. Ing Madya Mangun Karsa : Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide.
  3. Tut Wuri Handayani : Dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan

PERAYAAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Peringatan / Perayaan Hari Pendidikan Nasional bukanlah hari libur, melainkan berupa Upacara Bendera yang jatuh pada 2 Mei. Biasanya berisi pidato tentang pendidikan dan motivasi belajar agar lebih semangat dalam menuai pelajaran hingga lulus.

Begitulah sedikit kutipan tentang Hari Pendidikan Nasional atau HARDIKNAS yang harusnya kita sadari betapa pentingnya pendidikan serta renungilah fenomena pendidikan di Indonesia saat ini.

Sejarah Dan Makna Penting Hari Pendidikan Nasional Indonesia | Mas Malindo | 4.5
[ CLOSE ]