Cara Membuat Glow In The Dark Dan Mengenal Jenisnya

Glow In The DarkCara Membuat Glow In The Dark Dan Mengenal Jenisnya – Jika diartikan dalam bahasa indonesia, Glow In The Dark adalah Bersinar Dalam Gelap, yaitu berupa benda yang dibuat dari bahan yang mengandung partikel dimana mampu bercahaya dalam gelap. Seperti misalkan terbuat dari fosfor yang mana mampu bercahaya setelah menyerap cahaya baik dari lampu maupun matahari, jika membeli bubuk fosfor tersebut, tingkat penerangan bisa disesuaikan dengan selera anda masing-masing.

Sebelum mengetahui bagaimanakah Cara Membuat Glow In The Dark lebih baik ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya yang pastinya diantara jenis tersebut memiliki sifat dan fungsi yang berbeda. Sekarang ini Glow In The Dark tak hanya untuk kepentingan tertentu, melainkan bisa dimainkan atau untuk memeriahkan acara pesta dimalam hari .

3 JENIS GLOW IN THE DARK

  1. Fosfor : Berupa bubuk, diolah dan dapat dibentuk sesuai selera dengan bahan tertentu, reaksi cahaya akan timbul setelah menyerap dan menyimpan cahaya dari matahari maupun lampu.Glow In The Dark Fosfor
    Dari hasil Lab, Fosfor mampu menyala hingga 18 jam, namun yang dapat dilihat secara kasat mata hanya kurang lebih 5 jam saja, namun ia dapat bercahaya kembali setelah menyerap cahaya yang ada selama tidak tertutup oleh lapisan benda atau partikel berwarna lainnya.

    Namun sayangnya, bahan fosfor hanya mampu bercahaya selama 1 jam saja didalam ruangan, jadi bila ingin mendapati durasi waktu yang lama gunakanlah area terbuka seperti di teras atau di taman.

  2. Ultraviolet / UV : Untuk jenis ini hanya mampu bersinar bila tersorot sinar Ultraviolet . Jenis tersebut dapat bercahaya secara terus menerus selama masih tersorot cahaya ultraviolet, tingkat terang yang dihasilkan tergantung seberapa besar cahaya ultraviolet yang diserapnya, selain itu kondisi redup ruangan juga sangat berpengaruh padanya. Glow In The Dark Ultraviolet
    Pada jenis Ultraviolet biasanya digunakan untuk acara pesta / Glow In The Dark Party seperti di Diskotik / Club malam pada umumnya. Selain itu biasanya digunakan untuk Edukasi atau pembelajaran serta untuk dekorasi dan karya seni lainnya.
  3. Reflective : Yaitu salah satu jenis Glow In The Dark yang paling banyak digunakan, sifatnya yaitu dapat bercahaya / bersinar setelah tersorot cahaya maupun infra merah layaknya mata kucing . Umumnya telah diaplikasikan dalam bentuk Scotled, sangat bermanfaat demi menjaga keselamatan dimalam hari, layaknya marka jalan telah menggunakan jenis ini sebagai penanda agar lebih aman.Glow In The Dark Reflective

Setelah kita mengetahui jenis dari Glow In The Dark serasa ingin mencoba membuatnya dengan bahan yang sederhana, tak perlu khawatir karna di halaman malindo.my.id kali ini akan memperjelasnya agar anda semua bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah.

CARA MEMBUAT GLOW IN THE DARK

Bahan Utama :

  • Bubuk Fosfor – 1 Sendok makan
  • Cat Akrilik – 5 Sendok makan (warna sesuai selera)
  • 1 Mangkuk

Cara Membuat Glow In The Dark Dari Fosfor :

  1. Tuangkan semua bahan kedalam 1 mangkuk
  2. aduk-aduk secara perlahan hingga tidak ada gumpalan karena bubuk tidak larut didalam cat
  3. Diamkan dan matikan lampu, maka akan bercahaya

Sungguh sederhana, hanya saja bubuk fosfor cukup sulit didapatkan dari toko terdekat, jika membelinya secara online pasti banyak. Atau mungkin anda ingin tahu Cara Membuat Slime ?

CARA MEMBUAT GLOW IN THE DARK DENGAN STABILO

Bahan :

  • Stabilo ultra violet
  • Tepung Maizena
  • Air secukupnya
  • Pewarna makanan

Cara Membuat :

  1. Lepas ujung stabilo dan rendamlah dengan sedikit air hingga warna memudar, lalu angkatlah ujung stabilo tersebut
  2. Siapkan tepung Maizena, kurang lebih 5 sendok makan
  3. Masukan air dari stabilo tersebut kedalam tepung, tambahkan pewarna makanan sesuai selera bila ingin merubah warnanya
  4. Selanjutnya, coretkan pada kertas atau dinding, alhasil dalam gelap ia akan menyala, jika ingin lebih terang gunakanlah sinar ultraviolet.

Bacalah :

Lilin Cina

Cara Membuat Vla Puding

Sedikit informasi tentang Glow In The Dark semoga bermanfaat dan anda semua dapat mencobanya, informasi ini hanya sekedar edukasi / pembelajaran, jangan sampai bahan-bahan tersebut terjangkau oleh anak dibawah usia 8 tahun.

Cara Membuat Glow In The Dark Dan Mengenal Jenisnya | Mas Malindo | 4.5
[ CLOSE ]