Pengertian Dan Proses DBMS / Database Management System

Database Management SystemPengertian Dan Proses DBMS / Database Management System – Apakah anda pernah mengalami kehilangan file yang anda simpan di komputer? atau anda pernah kesulitan mencari file yang anda simpan? Mungkin, anda menggunakan beberapa komputer yang berbeda, dan file file anda tersimpan di media penyimpanan yang berbeda. Di situlah letak manfaat Database Management System yang akan memungkinkan anda untuk lebih bisa mengelola semua data yang anda miliki.

Database Management System Adalah sebuah perangkat lunak yang berperan sebagai ‘manajer’ untuk mengelola semua data. Database management system yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Sistem Manajemen Basis Data, berfungsi untuk menyimpan, menerima dan melakukan pencarian pada data. Sistem ini berfungsi mengelola semua data yang masuk, menatanya, dan juga memiliki kemampuan bagi para pengguna atau program program lain yang ingin memperbarui dan menyaring data mereka.Pengertian Database Management System

Database management system menggantikan sistem flat file  atau teks file yang dulu biasanya dipakai untuk menyimpan data. Namun flat filehanya punya kemampuan terbatas dalam menyimpan data. Maka diciptakanlah Database Management System yang sanggup menyimpan data dalam jumlah yang besar.

Selain itu, sistem ini juga mampu menyeleksi data yang tersimpan, sehingga tidak terjadi pengulangan yang bisa menyita banyak ruang dalam media penyimpanan.  Database Management System juga bisa diandalkan keakuratannya dalam menyajikan data. Sistem ini juga menjamin keamanan data bagi pemakainya, karena hanya akan bisa digunakan oleh pemakai yang memang memiliki akses resmi untuk menggunakannya.

Namun, sistem ini juga membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk pemasangannya dan kurang diperlukan untuk pemakai dengan kebutuhan penyimpanan data yang tidak terlalu besar. Hal lain yang perlu diperhatikan, adalah resiko besar akan kehilangan seluruh data yang kita miliki apabila perangkat Database Management System yang kita miliki mengalami kerusakan.
Beberapa contoh dari perangkat lunak yang berfungsi sebagai Database Management System adalah Microsoft Access, Oracle, MySQL, SQL Server, FileMaker, PostgreSQL, FoxPro, Clipper, dBase dan RDBMS.

Mengingat begitu banyaknya program Database Management System yang tersedia, mereka tentu juga memerlukan perangkat yang memungkinkan untuk mengkomunikasikan data mereka satu sama lain, dan diciptakanlah perangkat yang disebut Open Database Connectivity (ODC) yang fungsinya untuk saling bertukar data antara satu basis data dengan yang lain. Program ODC ini, diciptakan oleh raksasa perangkat lunak dunia yakni Microsoft.

Dan kurang lebihnya seperti itulah Penjelasan atau Pengertian tentang Database Management System, semoga bermanfaat .

Artkel selanjutnya : Kumpulan Cerita Rakyat | Kumpulan Novel Cinta

Pengertian Dan Proses DBMS / Database Management System | Mas Malindo | 4.5
[ CLOSE ]