Cara Membuat Whipped Cream Atau Krim Kue Sendiri Yang Mudah

Cara Membuat Whipped Cream Atau Krim Kue Sendiri Yang MudahCara Membuat Whipped Cream – Whipped Cream dalam bahasa Indonesia disebut dengan krim kocok atau orang lebih mengenalnya dengan krim kue dimana krim ini dibuat dengan cara dikocok hingga mengembang dan menggumpal sehingga menimbulkan warna yang cerah. Pada umumnya whipped cream atau krim kue diberi tambahan pemanis seperti gula maupun vanilla, sehingga selain manis aromanya pun juga sangat harum.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya Harga Whipped Cream pada umumnya mencapai Rp 60.000, jika hanya digunakan dalam sekali pakai hal ini bukan menjadi masalah, tetapi berbeda jika kita ingin membuat kue secara terus-menerus terutama kue pai ataupun kue ulang tahun maka membutuhkan banyak whipped cream, sehingga lebih baik mengetahui Cara Membuat Whipped Cream sendiri agar enak dan pastinya hemat .

RESEP WHIPPED CREAM

MENGENAL JENIS CREAM

CARA MEMBUAT WHIPPED CREAM

Pada dasarnya Cara Membuat Whipped Cream pada umumnya sama hanya saja kombinasi rasa dan aroma yang digunakan sangatlah berbeda. Untuk itu jika membuatnya sendiri Anda dapat memberikan kombinasi rasa sesuai selera. Kue untuk disajikan pada acara-acara tertentu seperti pesta ulang tahun maupun pernikahan umumnya dilapisi dengan whipped cream karena dengan whipped cream kue menjadi mudah dihias dan diberi aneka taburan sesuai keinginan.

MENGENAL JENIS-JENIS CREAM / KRIM

  1. Fraiche Cream
    Sebut saja Fraiche Krim, merupakan salah satu jenis Krim Kue yang stabil, tidak mudah mengental ketika dipanaskan, lebih tepatnya Fraiche Krim sangat mantap untuk Sup dan Saus. Krim ini bisa matang dengan sendirinya pada suhu yang telah ditentukan, apalagi ketebalan maksimalnya yang mencapai 48% membuat para Koki lebih menyukainya.
  2. Sour Cream
    Pada Sour Cream terbilang sedikit terasa Asam dibandingkan dengan Fraiche Cream, karena pada krim ini terdapat bahan pengasam tersendiri. Proses pembuatannya bisa memakan waktu hingga 14 Jam pada suhu 20ºC, hasilnya kandungan lemak susu yang dimilikinya hanya 18% saja, sehingga sangat tepat untuk Dressing dan Topping Kue atau Cake.
  3. Single Cream
    Single Cream lebih sering disebut dengan Light Cream, sangat tepat untuk disajikan bersama dengan Kopi. Kadar lemak maksimal bisa mencapai 30% dengan tekstur yang lebih ringan. Single Cream selain mantap untuk disajikan kedalam Kopi pastinya juga enak bila dituangkan pada Puding.
  4. Half And Half Cream
    Salah satu jenis Cream yang paling populer di Amerika, krim ini memiliki tekstur yang lebih tebal dan tinggi dengan kadar lemak maksimal 18%, sangat mantap untuk dicampurkan kedalam Kopi maupun Teh Hijau.
  5. Whipped Cream
    Whipped Cream lebih sering disebut dengan Whipping Cream, karena ia mampu mengembang dan mengental setelah melalui proses pengocokan, kadar lemak maksimal yang dibawanya bisa mencapai 35% dan sangat mantap digunakan sebagai Topping makanan penutup dan untuk beberapa jenis Appertizer.
  6. Clotted Cream
    Salah satu Cream yang memiliki rasa karamel, ia juga sering disebut dengan Devon Cream. Bahan dasarnya berupa Susu Sapi original, kadar lemaknya mencapai 55%, sangat mantap untuk disantap bersamaan dengan Buah Segar seperti Berry dan sejenisnya. Clotted Cream memiliki tekstur lebih menggumpal dibandingkan dengan jenis Krim lainnya.
  7. Double Cream
    Double Cream memiliki tekstur yang lebih kental dan berisi, biasanya digunakan untuk topping pudding, meski demikian nampaknya proses pembuatan Doubble Cream tidak menggunakan pengental buatan.

RESEP WHIPPED CREAM

Bahan Utama :

  • Vanili bubuk – 1 sendok makan
  • Cream Powder / Krim bubuk – 150 gram
  • Susu putih kental manis – 275 ml
  • Gula halus – 125 gram
  • Mentega tanpa rasa – 500 gram

Cara Membuat Whipped Cream

CARA MEMBUAT WHIPPED CREAM

Langkah pertama adalah siapkanlah warnet dengan ukuran yang cukup mumpuni, selanjutnya masukkan mentega putih atau tawar dan kocoklah hingga tidak menggumpal. Untuk mempermudahnya kocoklah menggunakan whisk bila tidak ada mixer, kocok terus kurang lebih dalam waktu 8 menit lamanya.

Selanjutnya masukkanlah krim bubuk atau krim powder bersama dengan gula halus nya, kocok-kocok sejenak lalu tambahkan susu kental manis dan kocok kembali dengan kecepatan tinggi.

Setelah itu Anda bisa menambahkan vanili dan kocok kembali kurang lebih 4 menit lamanya, pastikan kocok terus hingga tidak ditemukan gelembung dan dapat dipastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.

Akhirnya Whipped Cream sudah jadi dan sudah diketahui bahwa Cara Membuat Whipped Cream begitu mudahnya, buatlah secukupnya. Bila ingin digunakan secara terus menerus lebih baik gunakanlah stabilisator sehingga bentuknya tidak berubah meski sudah lama didiamkan.

Malindo.My.Id – Cara Membuat Whipped Cream Atau Krim Kue Sendiri Yang Mudah

Selanjutnya :

Cara Membuat Vla Puding Tanpa Telur Beserta Pudingnya

Resep Cara Membuat Puding Susu Putih Kental Manis Sederhana

Cara Membuat Puding Coklat Susu Dan Nutrijel Sederhana

Cara Membuat Puding Agar Agar Rasa Buah Warna Pelangi

 

Cara Membuat Whipped Cream Atau Krim Kue Sendiri Yang Mudah | Mas Malindo | 4.5