Cara Membuat Tape Singkong Untuk Diet Khas Bondowoso

Cara Membuat Tape SingkongCara Membuat Tape Singkong Untuk Diet Khas Bondowoso – Bicara masalah kuliner memang tiada habisnya, meski banyak jenis makanan yang sedang tenar saat ini namun makanan tradisional tak akan hilang termakan usia, malahan makin tua makin unik. seperti halnya pada Tape Singkong yang sungguh tradisional dan memiliki rasa yang khas . Tape original akan kami ulas secara lengkap disini .

Dari namanya pastilah anda ketahui bahan utamanya ialah buah Singkong, untuk itu anda bisa memulai menyiapkan singkong yang masih fresh untuk diolah menjadi Tape yang lezat. Cara Membuat Singkong sangatlah mudah, terlebih lagi kandungan dan manfaat dari Tape Singkong cukup banyak. Berikut adalah kebaikan Singkong untuk tubuh manusia .Singkong Putih

KANDUNGAN GIZI BUAH SINGKONG

Singkong memiliki dua jenis, ada yang putih dan ada yang kuning. dan masing-masing singkong dalam 100 gram nya mengandung unsur gizi sebagai berikut :

Unsur Gizi Singkong Putih Singkong Kuning
Air 62.50 g 60.00 g
Vitamin C 30.00 mg 30.00 mg
Vitamin Bᵢ 0.06 mg 0.06 mg
Vitamin A 0 SI 385.00 SI
Zat Besi 0.70 mg 0.70 mg
Fosfor 40.00 mg 40.00 mg
Kalsium 33.00 mg 33.00 mg
Karbohidrat 34.70 g 37.90 g
Lemak 0.30 g 0.30 g
Protein 1.20 g 0.80 g
Kalori 146.00 kal 157.00 kal

Setelah diperhatikan pada tabel diatas sudah diketahui total masing-masing unsur gizi yang ada, namun setelah diolah menjadi Tape Singkong kandungannya seperti apa ya ? tentunya masing-masing hasilnya berbeda, tergantung dari proses pembuatan masing-masing individu. Resep Tape Singkong

Cara Membuat Tape Singkong

Bahan Tape Singkong :

  • Daun Pisang (sebagai penutup)
  • Ragi Tape 3 Butir / secukupnya
  • Singkong 1 Kg

Proses pembuatan Tape Singkong :

Siapkan singkong segar, lebih baik yang baru dipetik dan kondisi masih basah. selanjutnya kupas kulitnya hingga bersih lalu di kerok perlahan agar tidak berlendir. Potong-potong dengan ukuran sesuai selera, biasanya berukuran 5 cm .

Kukus singkong hingga matang layaknya proses pengukusan pada umumnya, angkat dan sisihkan hingga dingin . Tahap selanjutnya siapkan wadah sesuai kebutuhan, bersihkan dan lapisi dengan Daun Pisang. Tata rapi potongan singkong yang sudah dikukus.Cara Membuat Tape Singkong

Siapkan ragi, hancurkan hingga halus lalu taburkan secara merata diatas tatanan singkong. Tutup kembali dengan daun pisang hingga rapat. Diamkan kurang lebihnya 3 hari, usahakan ditempat yang kering dan jangan dibuka penutupnya .

Begitulah Cara Membuat Tape Singkong, sesungguhnya sangat mudah dan prosesnya sederhana. semoga berhasil ya …

Selanjutnya :

Cara Membuat Martabak Manis

Cara Membuat Nastar

Cara Membuat Martabak Telur

CARA MEMBUAT TAPE SINGKONG GORENG

Bahan utama :

  • Garam – ½ sendok teh
  • Air mineral
  • Keju Cheddar – 100 gram (parut)
  • Tepung Terigu – 300 gram
  • Minyak goreng – 500 gram
  • Gula pasir – 250 gram
  • Vanili bubuk – 1 sendok teh
  • Tape Singkong – 600 gram

Cara Membuat Tape Singkong Goreng

Cara Membuat Tape Singkong Goreng :

  1. Siapkan wadah yang cukup besar, masukanlah tape singkong kedalamnya dan tambahkan juga Gula Pasir sebanyak 200 gram lalu aduk hingga merata, jangan lupa untuk menghancurkan atau menghaluskan tape singkongnya terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya siapkan wadah lainnya, masukan tepung terigu, keju cheddar yang sudah diparut, garam, gula pasir 50 gram serta vanili bubuk. Aduk-aduk hingga adonan tercampur sempurna, tambahkan air untuk menentukan kekentalan adonan.
  3. Setelah semua selesai ambilah adonan tape singkong sebanyak satu sendok sayur, celupkan dan gulingkan pada adonan tepung terigu, gorenglah setelah minyak panas.
  4. Tunggu hingga Tape Singkong Goreng berwarna kuning kecoklatan yang berarti sudah matang, maka angkatlah dan sajikan selagi panas.

TAPE SINGKONG UNTUK DIET

Benar sekali bahwa Singkong termasuk dalam bahan Menu Diet Sehat, Karena buah Singkong mengusung banyak Karbohidrat, Amilum, Vitamin C, Vitamin B, Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Hidrat Arang, Lemak, Protein, Rendah Kalori serta Rendah Gula. Sehingga buah tersebut juga sangat baik untuk penderita Diabetes sebagai pengganti Nasi.

Fakta mengkonsumsi Singkong sebagai Program Diet adalah benar, karena Singkong memiliki banyak Karbohidrat serta kaya Serat, sehingga meskipun mengkonsumsinya dalam porsi yang cukup sedikit namun perut akan terasa kenyang dan tetap bertenaga. Lantas apa jadinya bila sudah dijadikan sebagai Tape ?

Jelas tetap bermanfaat, karena meskipun sudah menjadi Tape Singkong nampaknya ia tetap mengandung banyak serat dan karbohidrat, malahan rendah lemak. Bahkan setelah menjadi Tape, ia akan mengusung banyak Serat Larut Dalam Air, sehingga membantu memperbaiki organ pencernaan agar lebih baik.

MANFAAT TAPE SINGKONG BAGI KESEHATAN

  • MENGATASI DARAH TINGGI DENGAN TAPE SINGKONG

    Nampaknya Tape Singkong mengusung banyak Kalium, sehingga mampu memelihara kesehatan pada Pembuluh Darah, Menjaga Detak Jantung, serta mampu mengatur Tekanan Darah. Sehingga Tape Singkong mampu meredakan penyakit Darah Tinggi yang tentu saja penyakit ini mampu menimbulkan penyakit lain yang malah lebih berbahaya.

  • ATASI ANEMIA DENGAN TAPE SINGKONG

    Ketika proses Pembuatan Tape Singkong, tanpa disadari terdapat berbagai Mikroorganisme yang mampu meningkatkan Vitamin B12, vitamin tersebut sangat membantu dalam proses pembentukan Sel Darah Merah. Sehingga tubuh yang terasa lemah dan tidak bertenaga berangsur-angsur akan membaik.

  • TAPE SINGKONG MAMPU MEMPERBAIKI FUNGSI PENCERNAAN

    Pada saat proses Fermentasi, Tape Singkong akan memproduksi banyak Probiotik serta Asam Laktat sehingga mampu membunuh Bakteri Jahat yang terdapat pada pencernaan. Bahkan bila mengkonsumsinya secara teratur, racun pada tubuh berangsur-angsur akan hilang, malahan dapat menyembuhkan Wasir.

  • TAPE SINGKONG MENINGKATKAN SISTEM SYARAF DAN OTOT

    Pada proses Fermentasi singkong, nampaknya terjadi banyak proses kimiawi, dan pada saat itu juga Singkong akan memproduksi banyak Tiamin yang tentunya mampu meningkatkan Sistem Otot dan Syaraf agar lebih baik.

  • TAPE SINGKONG SEBAGAI PROGRAM DIET SEHAT
  • ATASI JERAWAT DENGAN TAPE SINGKONG

    Seperti yang telah kami sebutkan tadi bahwa Tape Singkong dapat menetralisir dan menghilangkan racun, begitu juga racun pada kulit. Dengan kotoran dan racun yang dikandung pada kulit tentu saja akan menimbulkan Jerawat. Sehingga mengkonsumsi Tape Singkong akan mengurangi timbulnya Jerawat dan Darah Kotor.

  • KAYA AKAN PROBIOTIK

    Mengetahui bahwa Tape Singkong mengandung banyak Probiotik, untuk itu ia sangat bagus untuk memperbaiki pencernaan pada tubuh kita. Selebihnya ia akan mencegah racun, bahkan mampu meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia.

  • SEBAGAI SUMBER ENERGI PADA TUBUH

    Seperti yang kita tahu, Singkong mengusung banyak Karbohidrat, sehingga akan membuat tubuh semakin bertenaga meskipun sudah diolah menjadi sebuah Tape.

  • MAMPU MENGHANGATKAN BADAN

    Singkong setelah diolah menjadi Tape maka ia akan mengandung Alkohol meskipun kadarnya begitu sedikit, namun demikian akan mampu menghangatkan tubuh serta menjaga kondisi kesehatan, selain itu tubuh akan terasa lebih nyaman.

Begitulah kiranya Cara Membuat Tape Singkong Goreng, semoga anda berhasil membuatnya dirumah.

Cara Membuat Tape Singkong Untuk Diet Khas Bondowoso | Mas Malindo | 4.5