Mengenal Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisional – Indonesia memiliki keanekaragaman tradisi dan budaya, seperti halnya jenis musik dan tarian apalagi Jenis Alat Musik Tradisionalnya yang terbilang cukup banyak dan merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya . Dan beberapa diantaranya sudah terkenal ke seluruh Indonesia bahkan ke Mancanegara, untuk itu kita sebagai warga negara Indonesia wajib mengetahuinya sebelum direnggut dan diakui oleh negara tetangga .

Alat Musik Tradisional

  • Kecapi

Kecapi Alat Musik TradisionalMerupakan alat musik asal Sulawesi Barat, pemakaiannya dengan cara dipetik dengan hasil suara berupa Kordofon yang sangat khas dari senar-senar yang terpasangkan .

  • Ganda

Ganda Alat Musik TradisionalAlat Musik Tradisional dari Gorontalo yang mampu menghasilkan suara jenis Membranofon, cara menggunakannya dengan cara ditepuk seperti gendang, yakni menggunakan telapak tangan dengan varian bunyi yang khas .

  • Ladolado

Ladolado Alat Musik TradisionalSalah satu alat musik yang berasal dari Sulawesi Tenggara yang mampu menghasilkan jenis bunyi Ideopon, secara fisik dan cara menggunakannya seperti kolintang yang mana menggunakan alat pemukul khusus dengan tangga nada yang berbeda .

  • Keso

Keso Alat Musik TradisionalJenis Alat Musik Tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan, secara dasar bentuknya seperti biola, hasil suaranya berupa Chordofon, cara memainkannya dengan cara di gesek dengan alat khusus .

  • Kolintang

Kolintang Alat Musik TradisionalLagi-lagi Sulawesi yang memiliki alat musik tradisional paling unik dan antik, Kolintang namanya, berasal dari Sulawesi Utara, cara memainkannya dengan cara di pukul dengan 3 alat pemukul dan hasil suaranya berupa Ideofon .

  • Panting

panting Alat Musik TradisionalPanting merupakan Alat Musik Tradisional di Indonesia, secara pasti kami belum mengetahui asal daerahnya, yang jelas Alat musik tersebut paling digemari oleh warga Kalimantan Selatan. Hasil suaranya berupa Kordofon setelah dipetik pada senarnya .

  • Tuma

Tuma Alat Musik TradisionalAlat Musik Tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat, untuk bahan dasar kami belum mengetahui secara pasti, yang jelas hasil suaranya berupa Membranofon yang dihasilkan dari tepukan telapak tangan .

  • Sasando

Sasando Alat Musik TradisionalKini saatnya Nusa Tenggara Timur (NTT) mewakili, alat musik ini bernama Sasando, memiliki bentuk yang sangat khas dengan jenis bunyi Chordofon setelah dipetik pada senar yang sudah tersedia .

  • Serunai

Serunai Alat Musik TradisionalMerupakan salah satu Alat Musik Tradisional yang ada di Indonesia, berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mampu menghasilkan jenis suara berupa Aerofon yakni ditiup. Untuk mengatur nada bisa ditutup pada lubang yang tersedia layaknya seruling bambu .

  • Gamelan

Gamelan Alat Musik TradisionalGamelan berasal dari Jawa Tengah dengan beberapa jenis alat pendukungnya, untuk memainkannya dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus pada masing-masing jenis alatnya . Suara yang dihasilkan berupa Ideofon.

  • Angklung

Angklung Alat Musik TradisionalAngklung berasal dari Jawa Barat, hasil suaranya berupa Ideofon. Untuk memainkannya dengan cara digetarkan menggunakan tangan kearah kanan dan kiri atau yang lainnya .

Selanjutnya :

Susunan Pesta Ulang Tahun

Bunga Mawar Biru

Kata kata Kangen Untuk Pacar

Itulah Alat Musik Tradisional yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya memang sengaja tidak kami sebutkan .

Mengenal Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia | Mas Malindo | 4.5
[ CLOSE ]